HARAPANKU UNTUK PLN
Hmm… asyik nih PLN lagi buka forum.
Pertama sich saya mau
ngucapin terima kasih dulu buat PLN yang udah ngasih kita kesempatan buat
berharap-harap ria. Ya walaupun nanti isinya lebih banyak kritik..hehe, mohon
diterima yach. Kalau buat menang atau kalah si gak terlalu pengaruh buat saya
pribadi, sing penting apa yang udah aku tulis ini ga cuma jadi spam aja.
Minimal Bapak Ibu dari PLN berkenan membaca dan menghayati. Syukur-syukur bisa
direalisasikan.
Nah berikut ada beberapa
harapan yang kayanya bukan cuma saya yang mau ini terwujud tapi juga dua ratus
tiga puluh juta rakyat Indonesia.hehe lebay mode on.
1.
PLN, hal
pertama yang terlintas dalam benak saya kalau dengar kata ini pasti "MATI
LAMPU." Kok mati lampu sich? Ya soalnya kalau ga ada mati lampu pasti PLN
ga terkenal. Coba aja PLN ga pernah mati lampu, paling ga ada yang
ngomongin…hehe. Jadi maksud saya, Om Tante yang di PLN ya kalau bisa mengganti
imej yang sudah dicap masyarakat itu loh. Caranya, PLN bikin terobosan baru
yang bikin gue sampe koprol sambil bilang WAW gitu. Asal jangan naikin tarif
listrik dulu ya bapak ibu…hehe.
2.
Dari
bahasan mati lampu tadi saya juga ada usul nih. Setahu saya kalau mati lampu
itu kan pasti karena tak sengaja dan
yang satu lagi karena sengaja.
-
Kalau yang
sengaja, mungkin lagi ada maintenance atau perbaikan ya. Nah usul saya, PLN
punya back up buat mencegah mati lampu. Kalau misalnya back up masih susah, PLN
buat system yang bisa memberitahu masyarakat lebih awal kalau mau ada
pemadaman. Usul saya nih pake SMS aje kasih tau-nya biar praktis dan cepat.
-
Kalau yang
tak sengaja berarti lagi ada gangguan yah. Nah usul saya PLN harus lebih cermat
lagi nih buat mencegahnya. Padahal kan saya denger PLN ada program berapa ribu
Mega Watt gitu. Kok malah sering mati lampu. Terlebih akhir-akhir ini
intensitasnya lebih dibanding beberapa tahun yang lalu. Gimana dong om tante?
3.
Pelayanan
pelanggan coba ditingkatkan lagi. Caranya yang sederhana aja dulu seperti
senyum salam sapa seperti di pom bensin. Satu lagi, custumer service atau siapapun
yang berhadapan langsung dengan pelanggan dibekali dengan pendidikan mental
yang baik supaya tahan dimarah pelanggan dan tahan godaaan uang receh…hehe.
4.
Strategi
sosialisasi PLN kurang menarik. Kenapa saya bilang begitu, soalnya hampir semua
pemberitahuan dari PLN untuk pelanggan tidak tersampaikan dengan baik. Loh
padahal PLN kan sudah buat banyak spanduk program terbaru sampai-sampai PLN
buat iklan layanan masyarakat di televisi. Apa dong yang salah? Seperti saya
bilang tadi yang salah itu strategi sosialisasinya. Kita ambil contoh iklan PLN
yang 17-22, masih inget gak? Ituloh iklan dari PLN yang menganjurkan kita
mematikan lampu yang tidak terpakai pada pukul 17.00-22.00 waktu setempat.
Awalnya saya gak paham maksudnya, lha kalo ada iklan itu pasti saya ganti
channel tv…hehe, dan sepertinya bukan cuma saya yang begitu. Kasian yah padahal
sudah bikin iklan mahal-mahal tapi gak ada yang nonton. Tau gak knapa ga ada
yang nonton? Soalnya iklan yang dibuat Om Tante dari PLN, maaf yah, TIDAK
MENARIK. Iklan dari PLN terlalu formil dan ga ada sesuatu yang WAW gitu.
Tau gak, salah satu ciri
iklan yang sukses itu apa? Menurut saya iklan yang sukses itu, iklan yang jadi
trend center sehingga di kepala para pemirsa selalu terngiang-ngiang akan iklan
tersebut. Nih kalau saya bisa usul sedikit, coba deh PLN dengan menggunakan
televisi, menjadikan anak-anak dan
remaja sebagai iklan berjalan gratis. Loh kok abg-abg? Soalnya abg itu gampang
sekali buat meniru sesuatu yang dia anggap menarik. Misalnya di iklan itu ada
jingle lagu yang enak buat dinyanyikan, pasti anak-anak akan menyanyikannya
terus menerus atau buat jargon yang lucu, nanti para remaja akan menjadikan
jargon tersebut sebagai kosakata gaul terbaru dan pastinya akan sering
disebutkan kapanpun dan dimanapun. Coba bayangkan, kalau saja iklan 17-22 PLN bisa
seperti itu pasti program tersebut akan lebih mudah direlisasikan. Jadi yang
dibutuhkan hanya ide kreatif dan kesungguhan gitu.
Cukup beberapa point diatas
dulu buat PLN. Saya rasa kalau point-point diatas direalisasikan mudah-mudahan
para pelanggan PLN termasuk saya jadi lebih puas dan akan selalu berprasangka
baik pada PLN soalnya imej PLN juga jadi lebih baik. Yah berikut kata-kata
bijak dari saya,
"Berkata memang selalu
lebih mudah dari melakukan, tapi semua hal yang hebat akan selalu dimulai dari
pemikiran yang radikal."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar