Sabtu, 13 Oktober 2012

HARAPANKU UNTUK PLN



 HARAPANKU UNTUK PLN

Hmm… asyik nih PLN lagi buka forum.
Pertama sich saya mau ngucapin terima kasih dulu buat PLN yang udah ngasih kita kesempatan buat berharap-harap ria. Ya walaupun nanti isinya lebih banyak kritik..hehe, mohon diterima yach. Kalau buat menang atau kalah si gak terlalu pengaruh buat saya pribadi, sing penting apa yang udah aku tulis ini ga cuma jadi spam aja. Minimal Bapak Ibu dari PLN berkenan membaca dan menghayati. Syukur-syukur bisa direalisasikan.
Nah berikut ada beberapa harapan yang kayanya bukan cuma saya yang mau ini terwujud tapi juga dua ratus tiga puluh juta rakyat Indonesia.hehe lebay mode on.
1.       PLN, hal pertama yang terlintas dalam benak saya kalau dengar kata ini pasti "MATI LAMPU." Kok mati lampu sich? Ya soalnya kalau ga ada mati lampu pasti PLN ga terkenal. Coba aja PLN ga pernah mati lampu, paling ga ada yang ngomongin…hehe. Jadi maksud saya, Om Tante yang di PLN ya kalau bisa mengganti imej yang sudah dicap masyarakat itu loh. Caranya, PLN bikin terobosan baru yang bikin gue sampe koprol sambil bilang WAW gitu. Asal jangan naikin tarif listrik dulu ya bapak ibu…hehe.

2.       Dari bahasan mati lampu tadi saya juga ada usul nih. Setahu saya kalau mati lampu itu kan pasti karena tak sengaja  dan yang satu lagi karena sengaja.
-          Kalau yang sengaja, mungkin lagi ada maintenance atau perbaikan ya. Nah usul saya, PLN punya back up buat mencegah mati lampu. Kalau misalnya back up masih susah, PLN buat system yang bisa memberitahu masyarakat lebih awal kalau mau ada pemadaman. Usul saya nih pake SMS aje kasih tau-nya biar praktis dan cepat.
-          Kalau yang tak sengaja berarti lagi ada gangguan yah. Nah usul saya PLN harus lebih cermat lagi nih buat mencegahnya. Padahal kan saya denger PLN ada program berapa ribu Mega Watt gitu. Kok malah sering mati lampu. Terlebih akhir-akhir ini intensitasnya lebih dibanding beberapa tahun yang lalu. Gimana dong om tante?

3.       Pelayanan pelanggan coba ditingkatkan lagi. Caranya yang sederhana aja dulu seperti senyum salam sapa seperti di pom bensin. Satu lagi, custumer service atau siapapun yang berhadapan langsung dengan pelanggan dibekali dengan pendidikan mental yang baik supaya tahan dimarah pelanggan dan tahan godaaan uang receh…hehe.

4.       Strategi sosialisasi PLN kurang menarik. Kenapa saya bilang begitu, soalnya hampir semua pemberitahuan dari PLN untuk pelanggan tidak tersampaikan dengan baik. Loh padahal PLN kan sudah buat banyak spanduk program terbaru sampai-sampai PLN buat iklan layanan masyarakat di televisi. Apa dong yang salah? Seperti saya bilang tadi yang salah itu strategi sosialisasinya. Kita ambil contoh iklan PLN yang 17-22, masih inget gak? Ituloh iklan dari PLN yang menganjurkan kita mematikan lampu yang tidak terpakai pada pukul 17.00-22.00 waktu setempat. Awalnya saya gak paham maksudnya, lha kalo ada iklan itu pasti saya ganti channel tv…hehe, dan sepertinya bukan cuma saya yang begitu. Kasian yah padahal sudah bikin iklan mahal-mahal tapi gak ada yang nonton. Tau gak knapa ga ada yang nonton? Soalnya iklan yang dibuat Om Tante dari PLN, maaf yah, TIDAK MENARIK. Iklan dari PLN terlalu formil dan ga ada sesuatu yang WAW gitu.

Tau gak, salah satu ciri iklan yang sukses itu apa? Menurut saya iklan yang sukses itu, iklan yang jadi trend center sehingga di kepala para pemirsa selalu terngiang-ngiang akan iklan tersebut. Nih kalau saya bisa usul sedikit, coba deh PLN dengan menggunakan televisi,  menjadikan anak-anak dan remaja sebagai iklan berjalan gratis. Loh kok abg-abg? Soalnya abg itu gampang sekali buat meniru sesuatu yang dia anggap menarik. Misalnya di iklan itu ada jingle lagu yang enak buat dinyanyikan, pasti anak-anak akan menyanyikannya terus menerus atau buat jargon yang lucu, nanti para remaja akan menjadikan jargon tersebut sebagai kosakata gaul terbaru dan pastinya akan sering disebutkan kapanpun dan dimanapun. Coba bayangkan, kalau saja iklan 17-22 PLN bisa seperti itu pasti program tersebut akan lebih mudah direlisasikan. Jadi yang dibutuhkan hanya ide kreatif dan kesungguhan gitu.



Cukup beberapa point diatas dulu buat PLN. Saya rasa kalau point-point diatas direalisasikan mudah-mudahan para pelanggan PLN termasuk saya jadi lebih puas dan akan selalu berprasangka baik pada PLN soalnya imej PLN juga jadi lebih baik. Yah berikut kata-kata bijak dari saya,

"Berkata memang selalu lebih mudah dari melakukan, tapi semua hal yang hebat akan selalu dimulai dari pemikiran yang radikal."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar